Jurnal Magang


Dari hari pertama hingga sekarang banyak sekali hal yang dapat saya dapat dari magang di PT.Ciptadra SoftIndo. Kegiatan Magang ini sudah dilaksanakan selama kurang lebih 2-3 minggu dan dalam waktu yang sesingkat ituh banyak ilmu dan hal baru yang saya dapat dari kegiatan magang tersebut.

Jadwal Magang saya saat di PT.Ciptadra SoftIndo adalah :
  • Hari Senin - Jumat : Pukul 09.00 - 17.00 WIB

Nilai Material dan Value yang saya dapatkan sebagai berikut :

1. Membangun Karakter Moral dan Kinerja Yang Baik
Saya diajarkan dan di motivasi tentang bagaimana tahapan yang benar dalam membangun pribadi dan Moral yang baik dengan berlandaskan oleh IMAN. Dan untuk membangun Kinerja yang baik dengan memiliki sikap antusias, inisiatif, kredibilitas, dan integritas yang tinggi.

2. Arti Tujuan Hidup
Saya di beritahu bahwa tujuan hidup itu adalah KEBAHAGIAAN. karena dengan bahagia kita dapat menikmati setiap hal yang kita kerjakan maupun yang kita punya, karena orang sukses belum tentu bahagia. Selain bahagia kita juga harus menjadi manusia yang dapat bermanfaat bagi banyak orang, karena sebaik baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi banyak orang.

3. Ilmu Pemrograman Yang Bersifat Integrasi ( Google API )
Saya juga dapat hal baru dalam pemrograman yaitu Google API. Google API merupakan Framework Google yang menyediakan API(Application Programming Interface) yang berguna untuk mengintegrasikan aplikasi web ataupun desktop untuk memanfaatkan fitur yang disediakan oleh Google seperti : AdSense, Search Engine, Youtube, Google Maps, dll.

4. Ilmu Tentang Database
Saya juga mendapat wawasan tentang database dengan menggunakan database MySQL. saya diajarkan tentang macam" Query MySQL yang sebelumnya belum saya pelajari sepenuhnya, ternyata saya baru sadar banyak hal yang dapat kita lakukan dengan query yang ada pada MySQL seperti mencari jumlah terbanyak, filter data, penggabungan data, dll.

5. Research
Saya baru tau research itu sangat penting dalam semua hal yang berkaitan dengan digital maupun hal yang lain. saya di ajarkan agar harus menjadi orang yang handal dalam me research sesuatu di internet. apa saja yang dapat saya research di internet dalam waktu 1 hari? ternyata saya menyadari research itu hal yang penting, karena dengan me research kita dapat up to date atau mengetahui bagaimana kondisi digital saat inih dan informasi - informasi lain yang sangat berguna untuk wawasan saya.

6. Market Place
Saya juga di ajarkan tentang apa itu market place, bagaimana kondisi market place saat ini, dan bagaima caranya ikut berkontribusi dalam market place tersebut.

7. Entrepreneur
Saya juga belajar banyak hal tentang Entrepreneur di Ciptadra. bagaimana caranya melihat peluang dalam berbisnis dan bagaimana caranya memilih produk yang akan dijual dengan melihat data terlaris yang ada di pasaran. serta mencari menentukan bisnis model yang akan digunakan dalam suatu bisnis yang akan dibuat.

8. Smart City
Saya baru tau apa itu Smart City saat di ajak oleh Pak Indra untuk datang ke acara seminar di Gunadharma. Dan saya baru tau Depok yang merupakan kota tempat saya tinggal sedang dikembangkan untuk menjadi Smart City oleh pihak akademis dan praktisi yang salah satu yang ikut berkontribusi dari pihak praktisi adalah PT.Ciptadra SoftIndo tempat dimana saya magang tersebut.

9. Menggunakan Chart dan Bootsrap
Disini saya mendapat tugas untuk mempelajari Chart yang di integrasikan dengan bootstrap untuk bagian tampilannya. Saya yang dulu tidak tau cara menampilkan data dengan chart dengan platform web jadi tahu caranya bagaimana mengintegrasikan chart dalam web dengan data yg dinamis dari database.

10. Google Classroom
Saya sudah pernah menggunakan aplikasi google yang satu ini cuman saya hanya sebagai akun siswa waktu ituh, yang hanya bisa mengumpulkan tugas untuk di setor ke guru, di Ciptadra saya mendapat tugas mempelajari cara menggunakan aplikasi google classroom secara menyeluruh, dari fitur Akun Guru maupun fitur Akun Siswa. Banyak sekali ilmu dan wawasan baru yang saya dapatkan terutama fitur - fitur yang ada saat kita menggunakan akun sebagai Guru, seperti : Membuat tugas, Menilai Tugas Murid, dll

11. Startup
Di ciptadra lah saya baru tau istilah ini, saya belajar bagaimana startup itu tercipta dan bagaimana karakter yang harus dimiliki dalam membangun startup. saya belajar banyak hal tentang materi yang satu ini dan melihat banyak pengalaman dari pendiri startup yang ada di Indonesia.


Mungkin sekian yang dapat saya jabarkan tentang pengalaman magang saya dan value apa saja yang saya dapatkan di Ciptadra SoftIndo. Mungkin ada hal yang terlewat atau tidak saya jabarkan dan saya meminta maaf jika ada kata yg tidak berkenan. Terima Kasih :D
Share on Google Plus

About Dandy f

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment